Tautan-tautan Akses

Militer Kongo Rebut Kembali Kota dari Pemberontak


Militer Kongo berhasil merebut kembali kota Kamango di Kongo utara dari tangan pemberontak Uganda (foto: dok).

Militer Kongo berhasil merebut kembali kota Kamango di Kongo utara dari tangan pemberontak Uganda (foto: dok).

Militer Kongo yang didukung oleh pasukan pemelihara perdamaian PBB, telah merebut kembali sebuah kota di Kongo utara yang diduduki oleh kelompok pemberontak Uganda.

Juru bicara pemerintah Kongo mengatakan, militer Kongo yang didukung oleh pasukan pemelihara perdamaian PBB, telah merebut kembali sebuah kota di Kongo utara yang diduduki oleh kelompok pemberontak Uganda.

Lambert Mende hari Kamis mengatakan militer merebut kembali Kamango pada hari Natal (25/12), beberapa jam setelah diduduki oleh ADF-NALU, kelompok pemberontak yang didirikan di Uganda yang kini menyusup ke Kongo. Mende mengatakan sedikitnya 22 orang tewas dalam operasi itu, sebagian besar warga sipil.

Pilot-pilot Afrika Selatan anggota brigade PBB yang baru memberi dukungan lewat udara dan membom basis-basis pemberontak.

Selama bertahun-tahun, tentara Kongo dan pemelihara perdamaian PBB tidak berdaya menghadapi banyaknya kelompok pemberontak yang berlindung di Kongo.

Keadaan itu berubah tahun ini dengan pembentukan brigade PBB, yang memiliki mandat agresif untuk memungkinkan pasukan pemelihara perdamaian memburu kelompok-kelompok bersenjata itu.
XS
SM
MD
LG