Tautan-tautan Akses

Kapal-kapal Perang Filipina Terlibat Konfrontasi dengan 2 Kapal Tiongkok


Laksamana Alexander Pama, kepala AL Filipina menunjukkan foto dua kapal pengintai Tiongkok yang memasuki perairan yang disengketakan (11/4).

Laksamana Alexander Pama, kepala AL Filipina menunjukkan foto dua kapal pengintai Tiongkok yang memasuki perairan yang disengketakan (11/4).

Dua kapal pengintai Tiongkok berusaha merintangi penahanan nelayan Tiongkok di perairan yang disengketakan di Laut Tiongkok Selatan, Rabu (11/4).

Filipina mengatakan hari Rabu, kapal-kapal perangnya terlibat dalam konfrontasi dengan dua kapal pengintai Tiongkok yang merintangi penahanan nelayan Tiongkok di perairan yang disengketakan di Laut Tiongkok Selatan.

Kementerian Luar Negeri Filipina mengatakan, konfrontasi terjadi sejak hari Selasa ketika kapal Angkatan Laut Filipina Gregorio de Pilar memergoki delapan perahu nelayan Tiongkok di dekat beting di lepas pantai provinsi Zambales.

Dikatakan, dua kapal pengintai Tiongkok kemudian menempatkan diri di antara perahu-perahu nelayan itu dan kapal Filipina, mencegah penahanan para nelayan yang dianggap melanggar wilayah Filipina.

Filipina memanggil duta besar Tiongkok di Manila, Ma Keqing, hari Rabu dan mengatakan, ingin menyelesaikan pertikaian itu secara diplomatik. Tiongkok belum memberikan komentar.

Kedua negara mengaku sebagai pemilik beting itu, yang di Filipina disebut Panatag, dan di Tiongkok disebut Pulau Huangyang.
XS
SM
MD
LG