Tautan-tautan Akses

AS, PBB Kecam Serangan Lintas Batas oleh Suriah


Petugas medis Lebanon membawa jenazah Ali Shaaban, juru kamera yang tewas tertembak oleh serangan pasukan Suriah.

Petugas medis Lebanon membawa jenazah Ali Shaaban, juru kamera yang tewas tertembak oleh serangan pasukan Suriah.

Pasukan Suriah menyerang sebuah kamp pengungsi di Turki, mengakibatkan lima orang cedera dan seorang wartawan TV Lebanon tewas kena tembakan.

Amerika dan PBB hari Senin mengecam serangan Suriah terhadap sebuah kamp pengungsi di Turki, di mana setidaknya lima orang cedera dan seorang wartawan TV Lebanon tewas kena tembakan.

Jurubicara Departemen Luar Negeri Amerika Victoria Nuland mengatakan, dengan memperhitungkan kekerasan yang masih berlangsung saat ini, Washington memperkirakan pertikaian tidak akan berhenti pada hari Selasa (10/4). Namun, ia tidak putus harapan terhadap usaha utusan internasional Koffi Annan untuk mengakhiri pertumpahan darah di Suriah.

Annan dijadwalkan akan mengunjungi salah satu kamp pengungsi di Turki Selasa, menjelang kunjungannya ke Turki dan Iran pekan ini yang bertujuan untuk melanjutkan usaha mediasinya.

PBB menyampaikan seruan terakhirnya pada pemerintah Suriah agar mematuhi tengat waktu Selasa, untuk menghentikan tindakan militer terhadap warga sipil. PBB juga menyesalkan aksi penembakan fatal lintas perbatasan dari Suriah ke Turki dan Lebanon.

Jurubicara PBB Martin Nesirky mengatakan Senin, tengat waktu tidak berubah dan pihak berwenang Suriah perlu memenuhi janji dan komitmen yang mereka buat dengan sepenuhnya dan tanpa syarat.

TV pemerintah Suriah melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Walid al-Moallem akan melawat ke Moskow dalam 24 jam ke depan untuk membahas situasi keamanan di dalam Suriah. Sementara itu, pasukan pemerintah hari Senin terus menyerang berbagai wilayah di Suriah, meredupkan prospek solusi diplomatik bagi konflik di Suriah.
XS
SM
MD
LG