Tautan-tautan Akses

AS dan Sekutunya Tetapkan Tuntutan Menjelang Pembicaraan dengan Iran


Foto satelit pembangunan fasilitas nuklir Iran di Fordo, dekat kota suci Qom (foto: dok).

Foto satelit pembangunan fasilitas nuklir Iran di Fordo, dekat kota suci Qom (foto: dok).

Washington dan sekutu Eropa akan menuntut Iran agar segera menutup fasilitas nuklir bawah tanah yang baru saja selesai dibangun.

Sebuah surat kabar terkemuka di AS mengatakan Washington dan sekutu Eropa berencana untuk menuntut Iran agar segera menutup dan akhirnya membongkar fasilitas nuklir bawah tanah yang baru saja diselesaikan, sebagai bagian dari pembicaraan baru dengan Teheran mengenai program nuklirnya yang disengketakan.

Dalam laporan yang diterbitkan Minggu, The New York Times menyatakan negara-negara Barat juga akan menyerukan penghentian produksi bahan bakar uranium yang sangat diperkaya dan pengiriman pasokan bahan bakar yang ada keluar dari Iran.

Harian itu mengutip para diplomat AS dan Eropa yang mengatakan mereka "tidak tahu bagaimana Iran akan bereaksi" terhadap tuntutan tersebut dan kemungkinan besar tidak akan tahu sampai setelah pertemuan pertama.

Pembicaraan antara negara-negara kuat di dunia dan Iran rencananya akan dimulai Jumat.

AS, Inggris, Perancis, Rusia, Tiongkok dan Jerman adalah enam negara yang terlibat dalam diplomasi ditujukan untuk menyelesaikan sengketa lama mengenai program nuklir Iran, yang dikatakan Barat bertujuan untuk memproduksi senjata atom. Iran mengatakan usaha itu adalah semata-mata untuk tujuan damai.

Sebagian besar ekspansi Iran untuk pengayaan kelas yang lebih tinggi - yang dapat diubah menjadi kelas senjata dalam bulan - sekarang dilakukan di fasilitas Fordo, yang terletak jauh di dalam sebuah gunung dekat kota suci Qom.

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG