Tautan-tautan Akses

Panglima Militer Yaman Dipecat, Pendukungnya Tutup Bandara Sanaa


Presiden Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi memecat panglima militer Mohammed Saleh al-Ahmar (foto: dok).

Presiden Yaman, Abed Rabbo Mansour Hadi memecat panglima militer Mohammed Saleh al-Ahmar (foto: dok).

Perwira-perwira Angkatan Darat dan kawanan bersenjata mengepung bandara Sana’a setelah Presiden Yaman memecat Mohammed Saleh al-Ahmar.

Para pendukung seorang panglima militer Yaman yang dipecat Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi memaksa petugas untuk menutup bandara utama hari Sabtu setelah mengancam akan menembak jatuh pesawat.

Sejumlah pejabat mengatakan perwira-perwira Angkatan Darat dan kawanan bersenjata lain mengepung dan menutup bandara Sana’a setelah presiden memecat kepala staf Angkatan Udara Mohammed Saleh al-Ahmar, saudara tiri mantan presiden Ali Abdullah Saleh. Ahmer sebelumnya menolak mengundurkan diri.

Presiden memecat Mohammed, empat gubernur dan belasan perwira militer sebagai bagian dari perombakan kabinet hari Jumat, yang tampaknya bertujuan membuang beberapa pendukung Saleh dari posisi-posisi utama.

Pemerintah Yaman sedang berusaha pulih dari serangkaian demonstrasi anti-pemerintah yang berujung pada pengunduran diri Saleh.

Namun perombakan kabinet tidak mencakup putra mantan presiden itu, Ali Abdullah Saleh yang tetap menjadi komandan Garda Republik, ataupun sepupunya Mohammad Abdullah Saleh yang tetap menjadi kepala Pasukan Keamanan Pusat.

Presiden Hadi sebelumnya adalah wakil Saleh. Ia mengambil alih jabatan presiden bulan Februari. Hadi bertekad memerangi al-Qaida dan menstabilkan negara itu.
XS
SM
MD
LG