Tautan-tautan Akses

AS

Kepala NSA: Program Pengintaian AS Cegah 50 Lebih Serangan


Kepala Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA), Keith Alexander, mengatakan bahwa program pengintaian AS mencegah lebih dari 50 serangan teroris (foto: dok).

Kepala Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA), Keith Alexander, mengatakan bahwa program pengintaian AS mencegah lebih dari 50 serangan teroris (foto: dok).

Keith Alexander, mengatakan berbagai program pengintaian oleh NSA telah ikut mencegah lebih dari 50 serangan teroris sejak serangan 11 September 2001.

Direktur Jendral Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA), Keith Alexander, mengatakan berbagai program pengintaian oleh NSA telah ikut mencegah lebih dari 50 serangan teroris sejak serangan 11 September 2001.

Ia mengatakan dua program pengintaian yang terungkap baru-baru ini – yang mengumpulkan arsip nomor telpon Amerika dan melacak penggunaan server-server Internet berbasis di Amerika oleh warga asing yang mungkin terkait terorisme – “penting untuk melindungi negara kita.”

Jendral Alexander hari Selasa memberi sejumlah informasi kepada komite Kongres Amerika mengenai dua kasus yang menurutnya berhasil digagalkan karena kedua program itu. Satu kasus adalah rencana dari Yaman untuk membom Bursa Efek New York dan satu lagi melibatkan penyediaan dana bagi sebuah kelompok teroris berbasis di Somalia.

Ia mengatakan ia akan memberi komite itu berbagai dokumen mengenai kasus-kasus lainnya hari Rabu dalam pertemuan tertutup.

Wakil Jaksa Agung Jendral James Cole juga bersaksi bahwa ada sejumlah pengecekan penyalahgunaan wewenang dalam program pengintaian tersebut dan semuanya diawasi oleh ketiga cabang pemerintahan.

Hari Senin, Presiden Amerika Barack Obama mengulangi berbagai pernyataan sebelumnya bahwa program-program NSA adalah alat kontra-terorisme yang sah dan sepenuhnya tidak mengusik privasi warga yang tidak terkait teror.
XS
SM
MD
LG