Tautan-tautan Akses

Hagel akan Angkat Isu Spionase Dunia Maya dengan Perwakilan China

  • Luis Ramirez

PM Timor Leste Xanana Gusmao, Menhan AS Chuck Hagel dan Menhan Indonesia Purnomo Yusgiantoro tampak berbincang dalam KTT Keamanan di Singapura (31/5). Dalam KTT itu Hagel berencana membahas isu spionase dunia maya dengan perwakilan China.

PM Timor Leste Xanana Gusmao, Menhan AS Chuck Hagel dan Menhan Indonesia Purnomo Yusgiantoro tampak berbincang dalam KTT Keamanan di Singapura (31/5). Dalam KTT itu Hagel berencana membahas isu spionase dunia maya dengan perwakilan China.

Menhan AS Chuck Hagel mengatakan ia berencana untuk mengangkat isu spionase dunia maya ketika ia bertemu secara informal dengan para pejabat China di sela-sela KTT Keamanan di Singapura.

Para pejabat Amerika tengah memikirikan bagaimana untuk menghadapi Beijing setelah berbagai laporan baru-baru ini bahwa China meretas desain senjata Amerika, upaya terbaru yang dikatakan para pejabat sebagai sejarah panjang penyusupan di dunia maya oleh China.

Ketika singgah di Hawaii dalam perjalanan ke Singapura, Menteri Pertahanan Amerika Chuck Hagel mengatakan tidak ada keprihatinan yang lebih besar bagi Amerika selain keamanan dunia maya.

Kemudian, berbicara kepada wartawan di atas pesawat menuju ke Singapura, Hagel mengatakan keamanan dunia maya akan menjadi salah satu isu utama dalam dialog Shangri-La, pertemuan puncak keamanan tahunan di mana delegasi China akan hadir.

"Saya akan bertemu dengan delegasi China di Singapura. Ini adalah masalah yang akan kita hadapi dan merupakan prioritas agenda,” kata Hagel.

Namun para pejabat Amerika berhati-hati untuk tidak mempermalukan atau membuat berang China dengan menyuarakan keprihatinan Amerika tentang penyusupan dunia maya itu di depan umum. Hagel mengatakan pembicaraan tertutup - dalam hal ini - mungkin lebih efektif.

Dia mengatakan dia akan berupaya menciptakan pemahaman tentang perilaku apa yang dapat diterima di dunia maya.

"Hanya ada satu cara untuk mengatasi isu-isu ini yaitu secara terang-terangan. Kami bermaksud untuk menggunakan semua kesempatan ini dan kerjasama yang lebih erat untuk mendekatkan ke posisi di mana kita bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan lebih dekat mengenai peraturan-peraturan di dunia maya,” kata hagel.

Ini adalah lawatan pertama Hagel ke Asia sebagai menteri pertahanan. Tugas utamanya adalah untuk meyakinkan mitra-mitra di kawasan tersebut bahwa Amerika memenuhi komitmennya setelah pemerintahan Obama menyatakan akan menyesuaikan fokus militernya ke Asia Pasifik.

Hagel mengatakan upaya itu sedang ditempuh meskipun terdapat masalah anggaran yang memaksa Pentagon untuk merumahkan ribuan pekerja, mengurangi pengerahan kapal dan pemotongan lainnya.

Prioritas agenda lainnya adalah diskusi tentang ancaman oleh Korea Utara.

Menteri pertahanan Hagel dijadwalkan untuk menyampaikan pidato kebijakan hari Sabtu, di mana ia akan menguraikan kemajuan dan tujuan penyesuaian fokus ke Asia.

Setelah Singapura, Hagel akan menghadiri sebuah pertemuan NATO di Brussels, di mana para menteri akan mengadakan sesi mengenai keamanan dunia maya.
XS
SM
MD
LG