Tautan-tautan Akses

AS

Obat Anti Kanker Palsu Kembali Rambah AS


Genentech, perusahaan AS yang memproduksi obat kanker 'Avastin'.

Genentech, perusahaan AS yang memproduksi obat kanker 'Avastin'.

Untuk kedua kalinya dalam dua bulan ini, versi palsu Avastin, obat anti kanker yang digunakan secara luas, telah ditemukan di Amerika.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika (FDA) memperingatkan para dokter Selasa malam bahwa obat Avastin palsu itu tidak mengandung senyawa aktif yang digunakan untuk merawat kanker usus besar, paru-paru, ginjal dan otak.

Pusat pengawasan medis Inggris mengatakan, Rabu,Rambah perusahaan obat grosir berlisensi di Inggris membeli 120 paket obat-obatan palsu itu dari sebuah perusahaan Turki. Pusat Pengawasan Obat dan Makanan di Inggris itu mengatakan perusahaan Inggris tersebut telah mengirim 38 paket ke Amerika. Delapan puluh dua paket lainnya telah dijual kepada salah satu grosir Inggris lain, yang juga mengekspornya ke Amerika.

Semua obat itu telah diberi label sebagai Altuzan, versi Turki untuk ÔÇťAvastin," yang tidak diizinkan penggunaannya di Amerika. Sejauh ini belum ada laporan korban tewas akibat penggunaan obat palsu itu.

Bulan Februari lalu, FDA mengatakan paket Avastin palsu yang berbeda telah didistribusikan kepada para dokter di beberapa negara bagian. Pejabat-pejabat Eropa melacak pengiriman obat tersebut melalui beberapa negara, tetapi negara tempat asal obat palsu itu masih belum jelas. Perusahaan obat yang berkantor di Swiss, Roche, memproduksi Avastin yang asli, dengan total penjualan mencapai enam milyar dollar per tahun.
XS
SM
MD
LG