Tautan-tautan Akses

Pernyataan Presiden Obama soal Pemboman pada Marathon Boston


Presiden AS Barack Obama memberikan pernyataan khusus di Gedung Putih mengenai ledakan bom pada Marathon di Boston (16/4).

Presiden AS Barack Obama memberikan pernyataan khusus di Gedung Putih mengenai ledakan bom pada Marathon di Boston (16/4).

Presiden Amerika Barack Obama hari Selasa (16/4), memberikan pernyataan khusus di Gedung Putih mengenai ledakan bom pada Marathon di Boston hari Senin.

Selamat pagi semuanya.
Saya baru saja diberi laporan oleh tim keamanan nasional saya, termasuk Direktur FBI Mueller, Jaksa Agung Holder, Menteri Napolitano dan penasehat kontra terorisme dan keamanan dalam negeri Lisa Monaco, mengenai serangan-serangan di Boston. Kami terus memobilisasi dan mengerahkan aparat penegak hukum untuk melindungi warga kita dan menanggapi serangan ini.

Pikiran kami pagi ini jelas tertuju kepada para korban, keluarga mereka dan warga kota Boston. Kita tahu dua ledakan mengakibatkan puluhan warga Amerika terluka dan merenggut nyawa beberapa orang termasuk anak laki-laki usia 8 tahun.
Ini adalah tindakan keji dan pengecut, dan melihat apa yang kami ketahui mengenai kejadian itu, pihak FBI kini menyidiknya sebagai aksi terorisme. Setiap kali bom digunakan terhadap warga sipil tak berdosa, itu adalah aksi teror.

Namun, yang belum kita ketahui adalah siapa yang melancarkan serangan ini atau mengapa, apakah serangan ini direncanakan dan dilaksanakan oleh sebuah organisasi teroris, luar negeri atau dalam negeri, atau merupakan kejahatan individual. Itu belum kita ketahui, dan masih pada tahap awal penyelidikan. Perlu waktu untuk menelusuri setiap temuan dan memastikan apa sebenarnya yang telah terjadi.

Tetapi kita akan mengetahuinya. Kita akan mengetahui siapa saja yang mencelakakan warga kita, dan kita akan mengajukan mereka ke pengadilan.
Kita juga tahu bahwa bangsa Amerika tidak bersedia diteror karena yang dilihat dunia kemarin setelah kedua ledakan itu adalah kisah-kisah kepahlawanan dan kebaikan hati dan kedermawanan dan kasih-sayang – para pelari yang sudah keletihan tetapi terus berlari ke rumah sakit terdekat untuk menyumbang darah, dan mereka yang tetap berada di tempat kejadian menolong yang terluka, sebagian merobek pakaian mereka untuk perban; regu penolong yang langsung datang ke tempat kejadian untuk menyelamatkan jiwa; tim yang sedang mengobati korban cedera di beberapa rumah sakit terbaik di dunia, dan para mahasiswa kedokteran yang buru-buru datang untuk menolong, sembari mengatakan, ketika kami mendengarnya, kami semua datang; para pastor yang membuka gereja-gereja mereka dan mengobati yang terluka dan warga yang ketakutan; warga Boston yang baik hati dan menyediakan rumah mereka bagi para korban serangan ini dan mereka yang gemetar ketakutan. Jadi bila anda ingin tahu siapa kami, apa itu Amerika, bagaimana kami menanggapi kekejian, ini dia: tidak mementingkan diri sendiri, penuh belas kasihan, tidak takut.

Dalam beberapa hari mendatang kami akan melakukan segala upaya untuk mengetahui secara sesungguhnya apa yang sebenarnya terjadi, dan kami akan terus tetap waspada. Saya telah memberi pengarahan kepada pemerintahan saya untuk mengambil langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk melindungi bangsa Amerika. Dan saat ini adalah waktu yang baik bagi kita semua untuk mengingat bahwa kita semua punya peran dalam memberitahukan pihak berwenang. Jika anda melihat sesuatu yang mencurigakan, jangan diam saja. Saya yakin sepenuhnya pada aparat FBI, Departemen Kepolisian Boston dan berbagai departemen lainnya yang menanggapi secara heroik dan efektif pasca kejadian kemarin.

Saya sangat berterima kasih atas kepemimpinan Gubernur Patrick dan Walikota Menino, dan saya tahu bahkan saat kita melindungi bangsa kita dan secara agresif melaksanakan penyelidikan ini, warga Boston akan terus memberi respons dengan cara gagah berani dan membanggakan hati yang telah mereka lakukan sejauh ini.
Dan saudara-saudara sesama warga Amerika akan bersama mereka.

Terima kasih banyak.

Dan anda akan mendapat laporan selanjutnya dari para pejabat penegak hukum hari ini. Bila kami mendapat informasi lebih rinci, semuanya akan diungkap.
Apa yang saya kemukakan kepada anda adalah yang kami ketahui sekarang. Kami tahu ada bom yang diledakkan. Kami tahu bom itu mengakibatkan kerusakan besar. Kami tidak tahu siapa yang melakukannya. Kami tidak tahu apakah ini adalah tindakan sebuah organisasi, atau perorangan atau beberapa orang. Kami belum tahu motifnya. Jadi informasi lainnya untuk sekarang ini adalah spekulasi saja.

Tetapi begitu kami mendapat informasi lebih banyak, begitu pihak FBI memiliki informasi lebih banyak, begitu tim kontra-terorisme punya informasi lebih banyak, kami akan memastikan anda dan bangsa Amerika diberitahu.
Baik, terimakasih banyak untuk semuanya.
XS
SM
MD
LG