Tautan-tautan Akses

KTT Amerika Utara Fokuskan Isu Ekonomi dan Keamanan


Presiden Obama (tengah) melakukan konferensi pers bersama PM Kanada Stephen Harper (kanan) dan Presiden Meksiko Felipe Calderon di Gedung Putih (2/4).

Presiden Obama (tengah) melakukan konferensi pers bersama PM Kanada Stephen Harper (kanan) dan Presiden Meksiko Felipe Calderon di Gedung Putih (2/4).

Presiden Obama menjadi tuan rumah bagi PM Kanada Stephen Harper dan Presiden Meksiko Felipe Calderon untuk KTT Amerika Utara di Gedung Putih.

Presiden Amerika Barack Obama hari Senin bertemu Perdana Menteri Kanada Stephen Harper dan Presiden Meksiko Felipe Calderon di Gedung Putih untuk KTT Amerika Utara yang terfokus pada ekonomi dan keamanan kawasan.

Dalam konferensi pers dengan pemimpin Kanada dan Meksiko, Presiden Obama mengatakan Amerika telah meningkatkan kerjasama dengan Meksiko guna memberantas perang narkoba mematikan yang telah menewaskan lebih dari 50.000 orang di negara itu sejak 2006.

Presiden Obama menegaskan, “Geng-geng kriminal dan penyelundup narkoba menjadi ancaman bagi masing-masing negara kita. Dan masing-masing punya tanggung jawab untuk mengatasi ancaman itu.”

Terkait ekonomi, ketiga pemimpin mengatakan mereka membahas rencana untuk menyederhanakan dan menghapus berbagai peraturan yang menghambat perdagangan antara ketiga negara.

Gedung Putih mengatakan KTT Amerika Utara hari Senin itu adalah kesempatan bagi ketiga negara untuk memperluas kerjasama ekonomi dan keamanan. Pertemuan itu berlangsung menjelang KTT Benua Amerika, yang mencakup lebih banyak negara dan dimulai 14 April di Kolombia.
XS
SM
MD
LG