Tautan-tautan Akses

AS

Obama Yakin MA akan Pertahankan ‘Obamacare’


Presiden Obama yakin UU reformasi kesehatan akan dipertahankan oleh MA Amerika.

Presiden Obama yakin UU reformasi kesehatan akan dipertahankan oleh MA Amerika.

Presiden AS Barack Obama mengatakan ia yakin Mahkamah Agung Amerika akan mempertahankan UU reformasi asuransi kesehatan pemerintahannya.

UU reformasi asuransi kesehatan pemerintahan Obama yang sering disebut sebagai 'Obamacare' kini tengah menghadapi sejumlah tantangan hukum dari kelompok konservatif.

Berbicara di Gedung Putih dalam jumpa pers dengan pemimpin Kanada dan Meksiko hari Senin, Obama mengatakan UU itu sesuai konstitusi.

Ia mengatakan “belum pernah ada presedennya” dan “luar biasa” jika mayoritas ke-sembilan hakim MA memutuskan untuk membatalkan sebuah UU yang diloloskan Kongres Amerika yang terpilih secara demokratis.

Obama mengatakan ia yakin ke-sembilan hakim itu akan melihat bahwa mereka adalah kelompok yang “bukan dipilih rakyat” dan tidak akan membatalkan sebuah UU yang disetujui Kongres.

Mahkamah Agung minggu lalu memulai kajian ulang terhadap UU asuransi kesehatan. Kalangan penentang UU itu dari pihak konservatif mengatakan bagian dari UU yang mewajibkan orang membeli asuransi kesehatan tidak sesuai konstitusi.

Mahkamah Agung Amerika diperkirakan mengeluarkan keputusan dalam bulan Juni mendatang.
XS
SM
MD
LG