Tautan-tautan Akses

Partai NLD Klaim Aung San Suu Kyi Menangi Pemilu


Tokoh demokrasi Burma, Aung San Suu Kyi (baju merah) disambut para pendukungnya saat mengunjungi TPS di pinggiran Rangoon (1/4).

Tokoh demokrasi Burma, Aung San Suu Kyi (baju merah) disambut para pendukungnya saat mengunjungi TPS di pinggiran Rangoon (1/4).

NLD menyatakan Suu Kyi menang di wilayah Kawhmu, sebelah selatan Rangoon, dengan mengalahkan dua kandidat pesaingnya secara telak.

Para pendukung Aung San Suu Kyi menyatakan, tokoh demokrasi Burma yang sebagian besar waktunya dalam dua dekade ini dikenai tahanan rumah oleh militer itu memenangi satu kursi di majelis rendah parlemen, hari Minggu.

Partai Liga Nasional bagi Demokrasi (NLD) yang dipimpin pemenang Hadiah Nobel itu mengumumkan kemenangan Suu Kyi setelah TPS-TPS ditutup pada Minggu larut malam. NLD menyatakan Suu Kyi menang di wilayah pertanian padi di Kawhmu, sebelah selatan Rangoon, dengan mengalahkan dua kandidat pesaingnya secara telak. Para saksi mata mengatakan ratusan pendukung bergembira sewaktu kemenangan itu diumumkan di Rangoon.

Jika dikukuhkan, kemenangan itu akan menandai tonggak penting di negara Asia Tenggara, yang menderita di bawah pemerintahan militer selama hampir setengah abad hingga pemerintah sipil baru mulai berkuasa tahun lalu.

NLD mengajukan calon di 45 distrik, dan hasil di tempat lain belum tersedia pada Minggu larut malam. Belum jelas benar kapan pemerintah akan mengumumkan hasil penghitungan resmi.

Pemungutan suara berlangsung di bawah pengawasan sejumlah kecil pengamat dari Uni Eropa dan ASEAN. Namun, para pemantau hanya diberi waktu beberapa hari untuk mempersiapkan misi mereka itu, dan sebagian beranggapan mereka bertindak sebagai penonton bukannya pemantau.
XS
SM
MD
LG