Tautan-tautan Akses

Eropa Siapkan Dana Talangan 1 Triliun Dolar Lebih


Pertemuan Menteri Keuangan negara-negara zona Euro di Brussels, Belgia (foto: dok).

Pertemuan Menteri Keuangan negara-negara zona Euro di Brussels, Belgia (foto: dok).

Negara-negara blok mata uang Euro telah menaikkan dana penyelamatan mencapai lebih dari 1 triliun dolar.

Ini merupakan usaha terbaru blok ini untuk melindungi zona Euro serta juga ekonomi dunia dari default atau ketidak mampuan memenuhi kewajiban negara-negara yang punya beban hutang besar. Jimmy lebih jauh dengan berita ekonomi dan bisnis ini.

Menteri Keuangan dari 17 negara yang mempergunakan mata uang Euro sepakat Jumat di Kopenhagen untuk menambah 500 miliar dolar ke sebuah rekening dana baru yang akan mulai berlaku Juli.

Eropa telah membelanjakan puluhan miliar untuk penyelamatan, dua kali untuk Yunani dan sekali untuk masing-masing Irlandia dan Portugal. Rekening dana yang lebih besar ini ditujukan untuk melindungi zona Euro dari kemungkinan default Italia dan Spanyol, yang hutangnya jauh lebih besar dibandingkan ketiga negara yang sebelumnya telah dibantu.

Analis Finansial, Dana Moneter Internasional dan Organisasi bagi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi telah menyerukan pembentukan sebuah dana penyelamatan yang lebih besar. Tetapi beberapa negara Eropa Utara, khususnya Jerman dan Finlandia, enggan memberi lebih banyak bantuan.

Menteri Keuangan Denmark Margrethe Vestager mengatakan investor yang membeli surat-surat berharga pemerintah Eropa tidak pernah akan puas dengan ukuran dana penyelamatan. Tetapi para pejabat keuangan zona Euro harus membuat keputusan dan besar dana yang terkumpul sekarang dianggap tepat.

Sementara itu, Spanyol mengumumkan potongan belanja sebesar 36 miliar dolar Jumat sementara pemerintah di Madrid berusah mengendalikan defisit dan memulihkan ekonominya. Hampir 25 persen dari pekerja Spanyol kini menganggur, tingkat pengangguran tertinggi di Uni Eropa.
XS
SM
MD
LG