Tautan-tautan Akses

Diplomat Dorong Kekerasan di Suriah Dihentikan


Menlu Kuwait Khaled al-Hamad, Menlu AS Hillary Clinton, dan Menlu Saudi Saud Al-Faisal berbincang dalam pertemuan di Istanbul (31/3).

Menlu Kuwait Khaled al-Hamad, Menlu AS Hillary Clinton, dan Menlu Saudi Saud Al-Faisal berbincang dalam pertemuan di Istanbul (31/3).

Para diplomat menyerukan hal itu dalam forum yang berlangsung sehari sebelum pertemuan “Para Sahabat Suriah” di Istanbul, Turki.

Menteri Luar Negeri Amerika Hillary Clinton menghadiri sebuah “forum strategis” antara Amerika dan Dewan Kerjasama Teluk yang beranggotakan enam negara di Arab Saudi Sabtu guna membahas isu-isu termasuk mengakhiri penumpasan oleh Suriah terhadap pembangkang dan menghadapi ancaman semakin besar dari Iran.

Forum berlangsung sehari sebelum pertemuan pertemuan “Para Sahabat Suriah” di Turki Minggu. Pertemuan ini ditujukan untuk memberi dukungan pada oposisi terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad. Clinton dan juga diplomat dari negara-negara lain yang mendukung kelompok oposisi Suriah dijadwalkan hadir.

Amerika masih menentang usaha mempersenjatai pembrontak Suriah sebagaimana diusulkan oleh beberapa negara Teluk. Sebaliknya, Amerika sedang berusaha mempersatukan kelompok-kelompok oposisi yang terpecah dan mencari jalan bagi penyaluran bantuan kemanusiaan ke dalam negara itu.

Menjelang pertemuan Minggu di Istanbul, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan rencana perdamaian yang diusulkan oleh utusan PBB – Liga Arab, Kofi Annan, adalah “minimal” yang harus segera dilakukan oleh Suriah tanpa penundaan lagi.
XS
SM
MD
LG