Tautan-tautan Akses

Pembicaraan AS-Pakistan Bukti Perbaikan Hubungan


Jenderal AS, John Allen, melakukan pembicaraan perbaikan hubungan militer di Islamabad.

Jenderal AS, John Allen, melakukan pembicaraan perbaikan hubungan militer di Islamabad.

Pertemuan pejabat tinggi militer kedua negara di Islamabad mencakup berbagai isu dan menegaskan kembali pentingnya hubungan keamanan AS-Pakistan.

KTT antara militer Pakistan dan Amerika di Islamabad hari Rabu dan pembicaraan antara Presiden Amerika Barack Obama dan Perdana Menteri Pakistan Yousuf Raza Gilani pada KTT keamanan nuklir di Seoul awal pekan ini menunjukkan bahwa ketegangan antara kedua negara telah menurun.

Kedutaan Besar Amerika di Islamabad mengatakan, pertemuan antara Panglima Komando Pusat Amerika, Jenderal James Mattis, Panglima pasukan koalisi di Afghanistan, Jenderal John Allen, dan Jenderal Angkatan Darat Pakistan Ashfaq Parvez Kayani, mencakup berbagai isu dan menegaskan kembali pentingnya hubungan keamanan Amerika - Pakistan.

Sebuah pernyataan kedutaan Amerika hari Kamis mengatakan topik yang dibahas meliputi kegiatan jaringan militan dan pengembangan kerjasama lintas batas.

Kedua jenderal Amerika mengakui pengorbanan yang dilakukan oleh militer Pakistan dalam memerangi ekstrimis dan menegaskan kembali pentingnya hubungan keamanan Amerika-Pakistan tidak hanya bagi operasi yang sedang berlangsung di Afghanistan tetapi juga untuk stabilitas regional.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan pertemuan itu menjadi awal yang baik bagi kedua belah pihak untuk memperbaharui hubungan dan segera membuka kembali lintas perbekalan NATO ke Afghanistan. Tapi parlemen Pakistan harus membuat rekomendasi terakhir sebelum negosiasi resmi antara kedua negara dapat dimulai.
XS
SM
MD
LG