Tautan-tautan Akses

AS

Defisit Perdagangan AS terhadap Tiongkok Membesar


Produk-produk ekspor Tiongkok siap dikapalkan di pelabuhan Shanghai (foto: dok).

Produk-produk ekspor Tiongkok siap dikapalkan di pelabuhan Shanghai (foto: dok).

Sebuah laporan baru menunjukkan bahwa Amerika untuk pertama kalinya tahun lalu mengekspor produk bernilai lebih dari 100 milyar ke Tiongkok, tetapi pada saat bersamaan mengimpor hampir empat kali lebih banyak.

Dewan Bisnis Amerika-Tiongkok merupakan kelompok perdagangan yang menggalakkan penjualan produk-produk Amerika ke Tiongkok. Dewan itu hari Rabu mengatakan Tiongkok telah membeli barang-barang Amerika bernilai hampir 104 milyar dollar tahun lalu. Ini membuat Tiongkok menduduki ranking ketiga sebagai negara tujuan ekspor Amerika, setelah Kanada dan Meksiko.

Kelompok itu mengatakan hampir seperempat ekspor ke Tiongkok adalah dari California dan Washington – dua negara bagian di Amerika

Amerika dan Tiongkok merupakan dua perekonomian terbesar di dunia, tetapi Amerika jauh lebih banyak membeli produk-produk Tiongkok daripada sebaliknya.

Pemerintah Amerika melaporkan, tahun lalu Tiongkok menjual barang-barang bernilai hampir 400 milyar dollar ke Amerika, mengakibatkan kesenjangan perdagangan lebih dari 295 milyar dollar.
XS
SM
MD
LG