Tautan-tautan Akses

AS

Perjalanan Menuju Nominasi Capres Masih Panjang


Mitt Romney dan isterinya merayakan kemenangan di Illinois (20/3). Meskipun memimpin kontes, Romney masih harus terus berjuang.

Mitt Romney dan isterinya merayakan kemenangan di Illinois (20/3). Meskipun memimpin kontes, Romney masih harus terus berjuang.

Jalan yang harus ditempuh Capres Mitt Romney dan Rick Santorum untuk memastikan diri menjadi calon resmi partai Republik tampaknya masih panjang.

Pemilihan pendahuluan dan kaukus Partai Republik untuk menjaring delegasi yang akan menentukan pilihan dalam konvensi partai bulan Agustus telah berlangsung di 30 negara bagian dan lima wilayah persemakmuran Amerika. Tetapi sejauh ini hasil kontes itu belum secara meyakinkan menunjukkan siapa yang akan menjadi penantang Presiden Barack Obama dalam pemilu presiden November mendatang.

Jalan yang harus ditempuh oleh mantan Gubernur negara bagian Massachussetts Mitt Romney dan mantan Senator Rick Santorum untuk memastikan diri menjadi calon partai tampaknya masih panjang. Kedua kandidat Partai Republik itu terus bersaing dan saling lempar tuduhan untuk menarik pemilih di 20 negara bagian yang belum menyelenggarakan pemilihan pendahuluan maupun kaukus. Di 20 negara bagian ini akan diperebutkan 1099 delegasi.

Walaupun, sejauh ini Mitt Romney memimpin dengan 568 delegasi dari 1140 yang diperlukan untuk memastikan diri terpilih sebagai colon partai, dan saingan terdekatnya mantan Senator Rick Santorum baru mengantongi 273 delegasi, persaingan masih berlangsung sengit untuk menjaring delegasi terutama di negara-negara bagian yang jatah delegasinya cukup besar, sesuai proporsi populasinya.

Hari Selasa waktu Amerika, Mitt Romney berkampanye di California, dan Rick Santorum mengadakan rapat umum di Wisconsin. Sementara itu, mantan ketua DPR Amerika Newt Gingrich yang berada di posisi ketiga dalam perolehan delegasi hari Selasa ini berkampanye di Maryland yang juga akan mengadakan pemilihan pendahuluan tanggal 3 April ini untuk memperebutkan 37 delegasi.

Di California, di mana akan diperebutkan 172 delegasi, Mitt Romney menghadiri berbagai kegiatan, termasuk sarapan, santap siang, dan santap malam untuk menggalang dana, serta memberikan wawancara untuk berbagai media. Di kota San Diego, dalam pembukaan kampanyenya di California, Mitt Romney mengulangi kecamannya terhadap program perawatan kesehatan Presiden Obama yang dijuluki “ObamaCare.” Dia mengatakan kebijakan Obama itu merupakan “serangan terhadap kegiatan berusaha yang merdeka dan kebebasan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya.”

Mengenai kemungkinan pencalonannya, Romney mengatakan: "Saya berharap saya akan menjadi calon partai, dan jika demikian, saya akan menjadi calon yang kuat dan saya yakin akan bisa mengalahkan Presiden Obama: membuat Amerika kembali di jalur menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan; membuat harga bensin lebih masuk akal, dan membuat Amerika dihormati di seluruh dunia.”

Romney menambahkan, “kita harus memastikan bahwa kita menggantikan Presiden Obama dengan orang yang benar-benar memahami apa yang membuat ekonomi Amerika bergerak maju.”

Kandidat unggulan kedua Rick Santorum yang selama ini mendapat dukungan dari para pemilih konservatif hari Selasa ini berkampanye di Wisconsin yang akan mengadakan pemilihan pendahuluan untuk memperebutkan 42 delegasi hari Selasa depan. Hari Senin tanpa dijadwalkan sebelumnya ia singgah di depan gedung Mahkamah Agung di Washington, DC, untuk menemui para demonstran penentang program perawatan kesehatan Obama.

Kepada para demonstran penentang Undang-undang Perawatan Kesehatan yang legalitasnya sedang dibahas oleh mahkamah beranggotakan sembilan hakim agung itu, Santorum mengatakan: "Ada satu calon secara unik tidak memenuhi syarat untuk mempersoalkan kasus ObamaCare ini. Itulah alasan saya berada di sini dan dia tidak. Alasan bahwa saya berbicara tentang ObamaCare dan dampaknya pada ekonomi dan kebebasan fundamental dan Mitt Romney tidak membicarakan hal itu karena dia mendukung perawatan kesehatan yang dikelola pemerintah sewaktu ia menjadi gubernur Massachussetts."

Para pengamat mengatakan Santorum tampak menunjukkan tanda-tanda kelelahan dan frustrasi dalam persaingan ini sehingga ia berusaha dengan segala cara melontarkan serangan-serangan sengit terhadap Mitt Romney. Santorum mengatakan “Mitt Romney adalah anggota Partai Republik terburuk di Amerika” untuk bisa menantang Presiden Obama. Namun, dalam kesempatan lain, dia mengatakan bersedia mempertimbangkan kemungkinan menjadi pendamping Romney dalam pemilu presiden bulan November mendatang.
XS
SM
MD
LG