Tautan-tautan Akses

Perdana Menteri Mesir Umumkan Menteri Keuangan Baru


Perdana Menteri Sementara Mesir Kamal el-Ganzhoury (file: dok).

Perdana Menteri Sementara Mesir Kamal el-Ganzhoury (file: dok).

Dalam jumpa pers hari Selasa (6/12), Perdana Menteri Sementara Mesir Kamal el-Ganzhouri mengatakan menteri keuangannya yang baru adalah Mumtaz al-Saeed.

Perdana Menteri sementara Mesir mengatakan dia akan mengumumkan Kabinet hari Rabu yang akan menampilkan menteri keuangan baru dan sekitar 12 menteri yang sedang menjabat untuk memimpin negara itu sampai akhir fase pemilu parlemen bulan Maret mendatang.

Dalam jumpa pers hari Selasa, Kamal el-Ganzhouri mengatakan menteri keuangannya yang baru adalah Mumtaz al-Saeed, seorang kawakan di kementerian yang menghadapi tantangan untuk membuat stabil keadaan ekonomi yang diperburuk oleh kerusuhan sejak penggulingan presiden Hosni Mubarak bulan Februari .

Perdana menteri yang diangkat oleh militer itu mengatakan dia tidak akan mengungkapkan pilihannya untuk jabatan penting menteri dalam negeri sampai saat pengumuman hari Rabu mengenai susunan penuh Kabinet lengkap.

Banyak aktivis pemuda oposisi sejak lama menuntut agar menteri dalam negeri yang sekarang menjabat, Mansour al-Eissawy, digantikan oleh pejabat sipil yang tidak memiliki latar belakang kepolisian seperti Eissawy.

Banyak warga Mesir tidak menyukai kementerian dalam negeri karena memerintahkan pihak kepolisian agar melakukan penindakan keras terhadap demonstran oposisi yang memaksa Mubarak mundur bulan Februari dan yang berdemonstrasi bulan lalu menentang dewan militer yang menggantikannya.

XS
SM
MD
LG